Tuesday 18 July 2017

Mengupas alat-alat untuk melakukan pengukuran tanah


Ilnu Ukur wilayah ( Surveying ) adalah metode titik-titik dengan memanfaatkan jarak dan sudut diantara titik tersebut pada suatu wilayah dengan cermat. berbagai titk tersebut biasanya adalah permukaan bumi dan digunakan untuk membut peta ,batas wilyah suatu lahan,lokasikontruksi,dan tujuan lainnya . Ilmu ukur wilayah juga merupakan pekerjaan surveyor mengunakan berbagai elemen matematikaseperti geometri dan trigrometri,juga fisika dan juga keteknikan.

Baikla teman -teman sekalian di artrkel saya sebelumnya membahas teknis dari pengukuran tanah,naah sekarang kita membahas tentang alat-alatny itu sendiri.Sekarang kita mulai dari,


Teodolit
1. TeodolitTeodolit adalah instrunmen presesi untuk mengukur sudut di bidang horisontal dan vertikal.Teodolite terutama di gunakan untuk survey applikasi,dan telah di adaptasi untuk tujuankhusus dalam bidang-bidanseperti metrologi dan teknologi peluncuran roket .Sebuah teodolit modern terdiri dari teleskop bergerak di pasang dalam dua tegak lurus sumbu, horizontal atau trunion sumbu,dan sumbuh vertikal. Ketika teleskop yang menunjukan pada   objek target ,sudut masing- masing sumbu dapat di ukur dengan presisi yang besar , biasa untuk deti busur.




2.GPS  ( Global Posistioning System )
GPS
GPS adalah adalah sistem untuk menentukan letak di permukakaan bumi dengan bantuan penyelarasan sinyal satelit . Sistem ini mengunakan 24 satelit yang mengirimkan signal gelombang mikro ke bumi .Sinyal ini di terimah oleh alat permukaan,dan digunakan untuk menentukan letak ,kecepatan,arah,dan waktu.








3.Kompas
Kompas Sunto
Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnegtis yang bebas menyelaraskan dengan medan magnetik bumi secara akurat.Kompas memberikan rujukan arah tertentu,sangat membabantu dalam bidang navigasi.Arah mata angin yang ditunjukanya adalah utara ,selatan,timur dan barat.Apabila digunakan dengan jam dan sekstan maka kompas akan lebih akurat menunjukan arah.Alat ini membantu dalam bidang maritim dengan membuat perjalanan jauh lebih aman dan efisien dibandingkan dengan manusia masih berpedoman pada kedudukan bintang untuk menentukan arah.


Baca juga apa itu : Buku pegangan juru ukur tanah


No comments:

Post a Comment